Makanan Terenak Di Kota Kuno Hoi An

Makanan Terenak Di Kota Kuno Hoi An

1. Banh beo Kota kuno Hoi An

  • Alamat: warung-warung di sepanjang jalan Dinh Tien Hoang dan jalan Hoang Van Thu.
  • Harga: 5.000 VND / secangkir.

Berada dalam daftar hidangan yang lezat di Hoi An, “banh beo” juga terasa akrab dan populer di kalangan orang setempat. Kedengarannya sederhana, tetapi untuk membuat hidangan yang terkenal di Hoi An ini membutuhkan banyak pengalaman pembuatannya.

Semangkok banh beo yang lezat harus berwarna putih murni, lembut, isinya cekung di tengah dan cukup untuk menaruh udang atau daging yang telah dimasak. “Banh beo” dimakan oleh sebuah pisau yang hanya dimiliki Hoi An, namanya pisau bambu. Pisau yang cukup aneh tersebut dibuat dari kayu pohon bambu.

2. Bubur dengan salad bebek “Ba Sat”

  • Alamat: Pasar Cua Dai, persimpangan Tran Quy Cap dan Nguyen Thai Hoc.
  • Harga: 15.000 – 25.000 VND

Jika Anda sedikit bosan dengan hidangan-hidangan dengan daging, atau tepung di Hoi An, bubur bebek adalah pilihan yang paling cocok bagi Anda. Rendah hati di samping hidangan nasi ayam Hoi An yang terkenal sekali, bubur bebek disajikan untuk menyegarkan selera pengunjung.

Daging bebek keras, lembut dan manis, disajikan dengan pepaya parut, daun kemangi, mentimun yang direndam dalam saus ikan (buatan sendiri). Meskipun tidak banyak diketahui, namun tetap merupakan pengalaman yang tidak terlupakan bagi Anda.

Alamat warung-warung bubur bebek lainnya

  • Warung bubur bebek Ba Muoi: jalan Nguyen Truong To, No. 92
  • Warung bubur bebek Mrs. Hong: Jalan Cua Dai

3. Xi ma pewaris kakek Thieu

  • Alamat: jalan Nguyen Truong To.
  • Harga: 6000 VND

Ini adalah sebuah jenis cendol wijen hitam yang dimasak dengan tepung singkong, rempah, juga merupakan  hidangan rakyat yang bergizi banyak. Untuk mencari “Xi ma” yang paling enak di Hoi An, objek yang satu-satunya adalah dari kuk Xi ma kakek Thieu. Ini telah dianggap sebagai spesialisasi kota Hoi An.

Selama 70 tahun, cendol tampaknya menjadi hidangan masa kecil semua orang yang telah dewasa di Hoi An. Orang-orang hidup di sini selalu mengingat bayangan satu lelaki yang tua dengan mangkuk-mangkuk “xi ma” yang manis dan enak serta jejak kakinya di seluruh sudut kota Hoi An.

Sekarang, ahli warisnya masih mempertahankan harga dan masih memilih sebuah kuk beban yang tidak dikenal untuk menjual makanan ini.

Semangkuk cendol yang manis dan enak tidak hanya dari resep pusaka yang terkenal, tetapi juga oleh kisah pelestarian pekerjaan yang menyentuhkan hati di belakangnya. Jika ingin makan “xi ma”, Anda harus datang sangat pagi, karena meskipun tidak pakai papan merek, “xi ma” kakek Thieu menjual dari pagi lalu sudah mengering pada pukul 7 pagi.

4. Sate Taman Kazik

  • Alamat: Taman Kazik di jalan Tran Phu
  • Harga: 5000 – 6000 VND / tusuk.

Makanan ringan pada sore hari di Hoi An, tidak ada yang bisa melampaui daging bakar dan “banh uot”. Dagingnya lezat, aromatik, dan manis yang dibungkus dengan “banh uot” yang hangat, lalu disajikan dengan daun laksa, pepaya dan saus kacang.

Makanan ringan ini tidak pernah berhenti menarik wisatawan dan masyarakat adat. Jika Anda bukan orang berkepala dingin, Anda tidak akan bisa menahan ketarikan dari hidangan ini.

Terdengar sudah enak banget ya! Tunggu saya di tulisan selanjutnya untuk menemukan lebih banyak tentang makanan yang lezat di kota indah ini ya!

5. Nasi ayam Hoi An

Tidak hanya di Hoi An, nasi ayam Hoi An juga merupakan hidangan populer di banyak kota lain di seluruh tanah yang berbentuk huruf S. Bahkan di Hanoi, ada banyak warung nasi ayam khusus di Hoi An. Akan tapi mungkin tidak ada tempat mana yang bisa menjaga rasa tetap utuh seperti di tanah kelahirannya.

Untuk membuat hidangan nasi ayam yang lezat, nasi harus dibumbui terlebih dahulu dan kemudian dimasak dengan kaldu ayam dan daun nanas. Khususnya, nasi dimasak dengan tungku kayu, bukan penanak nasi modern.

Dengan demikiannya, nasi baru dijaga aroma asap dapur, jadi menciptakan rasa yang unik untuk nasi ayam Hoi An. Selain itu, ayam setelah direbus akan dicabik-cabik, lalu dicampur dengan bawang, bumbu dan rempah-rempah untuk meresapi dan kemudian disajikan di piring dengan nasi. Nasi ayam disajikan dengan pepaya mentimun asam manis, sayuran Tra Que dan sup panas

Dengan hidangan ini, yang paling terkenal mungkin adalah merek nasi ayam Ba Buoi di jalan Phan Chu Trinh, No. 22. Karena warung ini memiliki reputasi yang luas, nasi hanya tersedia hingga sekitar jam 7 malam. Oleh karena itu, jika Anda ingin mencicipi hidangan tersebut di sini, Anda harus datang sedikit lebih awal.

6. Cendol jagung

Jika Anda telah mencicipi hidangan pokok, pengunjung dapat mencoba spesialisasi cendol jagung manis dan enak di Hoi An.

Cendol jagung dimasak dari jagung Cam Nam yang wangi dan keras, sangat terkenal di Hoi An. Jagung mudah yang baru diambil lalu akan dibersihkan dan dikupas kulinya. Kemudian direbus untuk mendapatkan air dari jagung yang manis dan harum. Selanjutnya kita jagung parut sampai menyentuh intinya.

Semangkuk cendol jagung yang halus dan penuh aroma dengan warna kuning muda dari biji jagung muda membuat pengunjung tidak dapat menahan dan hanya ingin segera menikmatinya.

Untuk meningkatkan aroma manis untuk cendol jagung, orang sering menambahkan sedikit santan kental. Saat makan, cendol akan dicampur dengan santan biar Anda merasakan aroma jagung dan aroma kelapa yang lezat.

Untuk mencicipi cendol jagung Hoi An yang lezat, pengunjung dapat mengunjungi warung Ba Gia untuk mencicipi hidangan khas di tanah Hoi An yang indah ini.

7. Kue kacang hijau Hoi An

Turis yang sudah pernah datang ke Hoi An sering mengatakan satu sama lain bahwa jika datang ke Hoi An tanpa menikmati secangkir teh serai dan mencicipi kue kacang hijau kecil, itu hal yang sangat menyesalkan.

Kue kacang hijau adalah hidangan akrab bagi orang Vietnam di ketiga wilayah, tetapi daerah masing-masing akan memiliki ciri khas dan citarasa tersendiri, demikian pula kue kacang hijau Hoi An.

Perbedaan kue di sini adalah ketika kue dibentukkan tidak akan dimasak seperti biasa tetapi harus dipanggang.

Sungguh luar biasa di ruang damai kota kuno, kita bisa duduk di sebelah cangkir teh yang menyegarkan sambil menikmati aroma manis dari kue kacang hijau panggang, hal yang tidak terlupakan.

Bagi penduduk Quang Nam atau banyak turis, kue kacang hijau Hoi An sering kali menjadi hidangan teratas dalam daftar hidangan spesial Hoi An agar dibeli sebagai hadiah khususnya untuk pelancong yang ingin membawakan sedikit rasa Hoi An kembali ke keluarga dan teman mereka.

Dengan bentuk yang didekorasi dengan indah, padat, dan rasanya lezat, ini jelas merupakan hadiah yang sangat diperlukan dalam tas ransel Anda.

Semua makanan di atas harus Anda coba sekali kalau ada kesempatan mampir di kota kuno Hoi An ya. Selamat makan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *