Pengalaman Berwisata Di Hoi An [Part 1]

Pengalaman Berwisata Di Hoi An [Part 1]

Sejak 400 tahun yang lalu, Hoi An telah menjadi pelabuhan perdagangan yang ramai dengan para pedagang dari seluruh dunia. Hal tersebut telah menciptakan budaya yang beragam dan harmoni antara Timur dan Barat.

Saat ini, Hoi An adalah salah satu kota kuno yang langka yang masih dipertahankan hampir utuh keunikannya. Jika Anda terpesona dengan suasana kuno dan damai di kota yang terletak di samping sungai Hoai puitis, mari kita buat perjalanan ke tujuan ini segara!

Kota kuno Hoi An selalu berada di tingkat teratas dalam daftar tujuan wisata yang terbagus di Vietnam karena berbagai alasan. Kota kecil ini adalah kepaduan budaya Timur dan Barat; juga adalah kekombinasian kecantikan dari negara-negara seperti Vietnam, Cina, Jepang dan Eropa dalam masakan, arsitektur maupun tradisi masyarakat setempat.

Seiring dengan alam yang menawan, lokasi yang strategis, pariwisata Hoi An selalu dipilih wisatawan ketika mengunjungi daerah Vietnam Tengah.

1. Waktu yang ideal untuk bepergian ke Hoi An

Memiliki iklim dua musim yang jelas, tentu saja bahwa pariwisata Hoi An di musim kemarau (bulan Januari – Juli) akan lebih disukai daripada musim hujan. Di antaranya, waktu paling ideal adalah dari bulan Februari hingga April. Pada sât itu, iklimnya sedang di musim semi dan awal musim panas jadi cuacanya sejuk dan sinar matahari tidak terlalu keras.

Di luar waktu ini, Anda masih dapat memilih untuk datang ke Hoi An pada musim hujan, dari bulan Agustus sampai Desember. Umumnya, iklim di Hoi An cukup sedang, tidak banyak dipengaruhi oleh badai atau perbedaan suhu tinggi rendah di antara musim. Namun, perlu dicatat bahwa hujan di Hoi An sering terjadi cukup lama, dan kadang-kadang akan menyebabkan banjir. Jika Anda ingin mengalami perasaan berlayar di kota kuno, bepergian ke Hoi An selama waktu ini akan menjadi kenangan yang menarik.

Namun, menurut pengalaman perjalanan di Hoi An, waktu paling istimewa untuk mengunjungi kota ini adalah pada hari bulan purnama di setiap bulan. Setiap hari ke-14 (menurut kalender lunar), kota kuno ini akan mematikan lampu dan dinyalakan dengan lampion berkilau, berwarna-warni.

Pada hari ini, jalan-jalan di kota ini dan tepi Sungai Hoai akan dipenuhi dengan melodi lagu-lagu tradisional, kegiatan dan permainan rakyat, dan tentu saja, tidak bisa kurang hidangan tradisional yang sangat lezat.

2. Bagaimana cara ke Hoi An?

Dengan pesawat

Untuk perjalanan yang paling nyaman ke Hoi An, Anda dapat membeli tiket pesawat ke Da Nang dan kemudian melanjutkan ke Hoi An. Penerbangan dari Kota Ho Chi Minh, Hanoi atau kota lain ke Da Nang hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam, dengan harga mulai dari 400.000 hingga 1.600.000 VND / searah.

Dari Danang, ada dua cara untuk ke Hoi An yaitu dengan taksi atau bus.

Taksi:

Di bandara, sangat mudah untuk naik taksi dan hanya membutuhkan waktu 45 – 55 menit, Anda sudah tiba di Hoi An.

Biayanya dari 350.000 VND hingga 450.000 VND, tergantung pada merek dan jenis kendaraan.

Bus:

Cocok bagi wisatawan yang ingin menghemat uang atau suka menjelajahi, Anda dapat naik bus No. 1 (Stasiun Bus Pusat Da Nang – Stasiun Bus Hoi An) dengan harga hanya 25.000 VND / kali.

Dengan kereta api

Mirip dengan pesawat, jika Anda pergi dengan kereta api, Anda akan berhenti di Stasiun Da Nang atau Stasiun Tra Kieu. Perjalanan dari Kota Ho Chi Minh atau Hanoi ke Da Nang akan memakan waktu 15 – 20 jam, harga tiket sekitar 230.000 – 2.224.000 VND, tergantung pada jadwal dan jenis tempat duduk.

Itulah beberapa pengalaman saya tentang wisata di Hoi An. Tunggu saya di tulisan selanjutnya ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *