Satu Hari Di Taman Nasional Cat Ba

Satu Hari Di Taman Nasional Cat Ba

Pulau Cat Ba adalah tempat pertemuan di antara hutan dan laut jadi hal ini menciptakan kompleks alami yang kaya dengan banyak spesies tanaman dan hewan langka. Taman Nasional Cat Ba terletak di Pulau Cat Ba, Distrik Cat Hai – Kota Hai Phong dan berjarak 60 km dari pusat kota. Ini adalah tempat trekking yang wajib dikunjungi bagi kaum muda yang bersemangat menjelajahi.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Taman Nasional Cat Ba adalah dari bulan April hingga Oktober. Pada waktu itu, Anda dapat mengalami aktivitas pendakian yang menarik atau menjelajahi ekosistem alami yang beragam.

Dengan total area hingga 15200 ha, Taman Nasional Cat Ba memiliki lingkungan alami yang ideal untuk pengembangan berbagai macam tumbuhan dan hewan.

Taman ini telah diakui oleh UNESSCO sebagai cagar biosfer dunia. Di sini, ada hutan kapur yang tak terhitung jumlahnya, karakteristik unik, atau gua, air terjun, aliran sepanjang musim hujan mengalir ke laut.

Selain itu, Taman Nasional Cat Ba juga menarik wisatawan dengan nilai sejarah manusia. Sisa-sisa arkeologis yang ditemukan di sini menunjukkan bahwa ada kemungkinan bahwa manusia sudah hidup di daratan 6.000 hingga 7.000 tahun yang lalu.

Dari pusat Taman Nasional Cat Ba, Anda dapat memilih salah satu dari 5 rute untuk menjelajahi dan menemukan sumber daya flora dan fauna dari berbagai jenis hutan.

Rute panjang dengan waktu kunjungan 4-8 jam untuk kegiatan berjalan kaki dan mendaki yaitu Rute Ao Ech – Viet Hai; Rute May Bau – Goa Quan Y; rute Kim Giao – Me Con – Tung Di.

Rute pendek dengan waktu kunjungan 2 hingga 3 jam untuk sepeda motor, sepeda, mobil, dan berjalan serta memanjat yaitu Rute Kim Giao – Puncak Ngu Lam, Pendidikan Lingkungan; Rute Gua Trung Trang – Gua Komisi.

Coba lihat sebuah perjalanan trekking satu hari di Taman Nasional Cat Ba yang mengikuti rute Ao Ech – Viet Hai di bawah ini:

Setelah berangkat dari Hanoi pukul 5 pagi, sekitar pukul 10:00 Anda akan hadir di Cat Ba. Siapkan trekking Taman Nasional Cat Ba dengan perjalanan sekitar 8 km di hutan hijau yang lebat.

Jarak trekking pertama sekitar 100m adalah yang paling sulit dan kesulitannya akan secara bertahap bertambah karena ketinggian anak tangga di sepanjang jalan. Jadi biasanya untuk ikut dalam kegiatan ini, Anda harus menyiapkan kekuatan fisik yang baik.

Di kedua sisi gunung adalah hutan kayu lebat, di bawah sepatu adalah lapisan daun basah. Jangan terganggu oleh kesulitan keliling, tetapi gunakan indera untuk mengamati ruang hutan.

Setelah melewati celah gunung yang panjang, sekitar jam 12 siang Anda akan berhenti di kolam katak. Anda dapat beristirahat dan mencicipi makan siang dengan suara kodok di sini.

Ingatlah untuk membawa makanan dan minuman yang nyaman untuk bepergian. Roti pedas khas Hai Phong adalah saran makan siang yang menyenangkan.

Kolam Katak berjarak sekitar 4 km dari gerbang hutan dan sekitar 4 km dari desa nelayan Viet Hai. Kolam katak memiliki luas 3,2 hektar, berada di ketinggian 80 meter di atas permukaan laut, air kolam terlihat di bagian bawah dan air di sini jarang dangkal.

Dari bawah kolam, ribuan pohon Va Nuoc – spesies yang hanya ditemukan di Kolam Katak tetapi tidak ditemukan di tempat lain. Pohon setinggi 5 hingga 10 m, tumbuh di air menjadi kawasan yang sangat indah dan misterius.

Mencicipi makan siang, menikmati suasana sejuk dan segar, mendengarkan katak-katak berbunyi, menonton ikan berenang, mungkin Anda memiliki sebuah perjalanan yang memuaskan.

Bagaimana rasa Anda? Yang mau coba jangan ragu-ragu ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *