Temukan Menara Cham – Keindahan Misterius Di Binh Dinh

Temukan Menara Cham – Keindahan Misterius Di Binh Dinh

Kalo menyebut tentang provinsi Binh Dinh, para wisatawan yang sudah berkunjung ke sini akan langsung teringat tentang kompleks menara- menara Cham sangat kuno dan unik.

Kini, Binh Dinh terdapat 8 kompleks dengan 14 menara Cham yang terkenal, termasuk Banh It, Duong Long, Thap Doi, Canh Tien, Phu Loc, Thu Thien, Binh Lam dan Hon Chuong terletak di tiga distrik Tuy Phuoc, An. Nhon, Tay Son dan kota Quy Nhon.

Kronologi menara- menara Cham ini ditentukan dari abad ke-11 hingga abad ke-12 berarti semuanya memiliki masa hidup hingga 1.000 tahun. Di antara itu, ada 4 menara yang wisatawan tidak boleh mengabaikan berliburan di Quy Nhon.

Menara Banh It

Menara Banh It adalah salah satu menara paling terkenal di antara menara- menara Cham di Binh Dinh. Menara yang terletak di distrik Tuy Phuoc itu pernah berada di dalam daftar “1001 karya arsitektur yang harus dikunjungi dalam kehidupan”.

Menara ini dibangun pada akhir abad ke-11 hingga awal abad ke-12, pada masa pemerintahan 2 raja Harivarman IV dan V. Kompleks Banh It  memiliki 4 menara dibangun di atas bukit. Yang terbesar tingginya sekitar 29,6 juta. Selain itu, ada tiga menara pendukung lebih pendek dan bentuknya lebih kecil. Di bagian atas setiap menara ada patung dewa Siwa yang terbuat dari batu.

Menara Doi (Menara Kembar)

Menara Doi (Menara Kembar) terletak di Dong Da, sekitar 3 km dari pusat kota Quy Nhon ke sebelah Barat Laut. Menara Kembar diklasifikasikan menjadi salah satu menara seni arsitektur Champa yang indah dan “paling unik”.

Bangunan ini terdiri dari 2 menara: menara utama setinggi 20m dan menara tambahan setinggi 18m. Kedua menara terdiri dari 2 bagian utama: Blok badan persegi dan bagian atas berbentuk kurva. Di keempat sudut atap juga disorot dengan bentuk naga berkepala lima.

Menara Canh Tien (Menara Sayap Peri)

Menara Canh Tien terletak di distrik An Nhon, jarak 27 km dari kota Quy Nhon ke sebelah Barat Laut. Menara ini dibangun di atas bukit yang tinggi, menyembah Dewi Y A Na.

Menara Canh Tien memiliki permukaan persegi, banyak lantai yang dibangun dari batu bata, setinggi hampir 20 meter, terlihat seperti sayap peri terbang ke langit.

Tidak seperti menara Cham lainnya, menara Canh Tien sebagian dibangun oleh batu pasir di bagian luar kolom dinding dan atap. Di empat sudut setiap lantai menara, ada bagian berbentuk ekor phoenix yang menonjol.

Menara Duong Long

Menara Duong Long terletak di distrik Tay Son terdiri dari 3 menara, menara tengah tingginya 24m, dua menara samping setinggi 22m.

Tubuh menara dibangun dari batu bata, sudut-sudutnya bergabung dengan batu-batu besar dan patung-patung di dalamnya terbuat dari batu juga. Di sudut-sudut ada gambar- gambar berukir yang besar berbentuk burung Garuda, Gajah, Elang …

Permukaan dinding dihiasi dengan banyak relief besar berbentuk daun yang menggambarkan nyanyian serta tarian, dan para bhikkhu. Khususnya, puncak- puncak menara itu adalah bunga lotus besar dengan banyak lapisan kelopak bunga menuju ke atas. Semua detail dekoratif di menara ini sangat besar, dipahat di atas batu pasir dengan jelas dan masih sangat bagus.

Para peneliti menegaskan menara Cham di Binh Dinh sebagai museum di luar ruang yang megah dan unik. Lebih dari ribuan tahun berlalu dengan fluktuasi, menara- menara terakota tetap hidup dan mempertahankan keindahan yang memikat hati orang-orang saat pertama kali berkunjung ke sini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *